Ternyata Seorang Pria, Aprilia Manganang Akan Ganti Nama

JAKARTA – Bekas pevoli Tanah Air dengan sekarang menjabat Sersan Besar (Serda), Aprilia Manganang, merupakan laki-laki sejati. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, di dalam konferensi pers di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Selasa (9/3/2021), sore WIB.

Setelah dikonfirmasi sebagai laki-laki, Aprilia Manganang akan berganti nama. Tanda itu adalah pilihan sejak Aprilia dan orang tuanya. Akan tetapi, Aprilia harus mengubah lebih dulu statusnya dari perempuan menjadi laki-laki melalui jalur hukum.

TNI akan membantu Aprilia untuk melakukan itu. Dokumen-dokumen untuk syarat perubahan posisi Aprilia telah disiapkan oleh TNI.

Baca juga Ternyata Berjenis Kelamin Laki-Laki, Mantan Pevoli Aprilia Manganang: Saya Bersyukur

Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan, bahwa TNI sangat berharap Mahkamah Negeri Tondano akan menyerahkan dan menetapkan perubahan nama serta status Aprilia. Kalau segala proses berjalan piawai, Aprilia akan menjadi laki-laki seutuhnya.

Baca juga KSAD Andika Perkasa: Aprilia Manganang Laki-Laki Sejati

“Kita berharap Pengadilan Negeri Tondano akan memberikan dan menetapkan perubahan nama, dari sebelumnya ke yang akan dipilih oleh Aprilia dan orang tuanya, lulus juga perubahan status cocok pasal 56 dari Peraturan No. 23 2016 (tentang administrasi kependudukan), ” prawacana Jenderal TNI Andika Bagak.

Sebagaimana diketahui, Aprilia menderita Hipospadia, suatu kondisi langka ketika lubang kencing penis ada di bagian bawah dan bukannya di ujung. Hipospadias adalah perihal bawaan yang relatif kurang.