Itu Saran Dewa Kipas supaya Catur Makin Diminati Klub

TANGERANG SELATAN Dadang Subur pedengan Dewa Kipas menyampaikan sarannya agar peminat olahraga catur makin meluas. Kata dia, butuh terobosan unik mematok permainan catur digemari sampai tingkat bawah.

“Semoga catur makin ramai, tambah diminati masyarakat. Caranya harus bagaimana? mungkin Percasi juga kadang-kadang nggak tahu harus bagaimana, ” sirih Dadang usai pertandingan melawan Grand Master (GM) Irene Kharisma Sukandar, di Bintaro, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (22/03/21).

Dia pun bercerita soal pengalamannya pada Kalimantan. Di sana, banyak warung makanan yang menyimpan sebagian tempatnya untuk para pemain catur. Dengan sejenis, minat masyarakat akan terpancing untuk menggelar pertandingan catur dari pojok-pojok kampung maka perkotaan.

Baca juga: Tersisih 3-0, Dewa Kipas Mengiakan Tak Puas Main 10 Menit

“Dulu itu, warung makan, warung soto ada tempat berperan catur, ada papan caturnya, sebagian untuk makan. Siap orang pada tertarik gitu, kadang-kadang bisa persahabatan, ataupun perlombaan di situ. Oleh sebab itu diminati sama orang-orang biasa. Saya di Singkawang begitu, ” tuturnya.

Baca juga: Usai Kalahkan Dewa Kipas, GM Irene: Kemenangan Ini untuk yang Dukung Saya

Meski telah cukup lama menggeluti catur di bermacam-macam kota, namun sejak 10 tahun belakangan ini, Dadang sudak tak pernah sedang bermain serius menggunakan tempat tinggal catur.

“Saya itu sudah 10 tarikh nggak main, itu aja papan catur baru kulak 3 hari kemarin, wallahi demi Tuhan. Udah nggak pernah main, ” ucapnya. ( Fzy )

(Ram)