Itu Syarat Suporter Indonesia kalau Ingin Saksikan Langsung Olimpiade Tokyo 2020

JAKARTA semrawut Olimpiade Tokyo yang sempat tertunda dalam 2020 lalu dipastikan terselenggara pada 23 Juli 2021 mendatang. Penyelenggaraan ajang gerak terbesar di dunia itu memiliki persyaratan tersendiri terpaut Protokol Kesehatan Covid-19.

Ya, protokol kesehatan yang ketat diupayakan sebab panitia penyelenggara, termasuk dengan berhubungan dengan kehadiran penonton langsung ke venue pertandingan. Ketua Komite Olimpiade Nusantara (KOI), Raja Sapta Oktohari menyatakan, suporter Indonesia masih ada harapan mendukung langsung di lokasi.

Namun, Okto menekankan pendukung yang siap hanyalah warga negara Indonesia yang ada di Jepang. Tak ada izin buat penonton yg datang daripada luar negeri.

Olimpiade Tokyo 2020

“Sejauh ini yang patut dipahami adalah tidak ada penonton internasional. Jadi hanya warga negara kita yang berdomisili di Jepang, ” kata Okto dalam media gathering dengan inti “Indonesia Menuju Olimpiade Tokyo 2021” di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Meski sejenis, pihak KOI mengupayakan semaksimal mungkin agar para kontingen Indonesia tetap mendapat suport dari para pendukung. Menurutnya sekecil apapun dukungan hendak berdampak besar bagi vitalitas para atlet.

Baca Juga: Demi Olimpiade, Pelatih sejak Australia Didatangkan Asuh Olahragawan Renang Indonesia

Atas hal itu, KOI pun berupaya bekerjasama secara duta besar RI dalam Jepang untuk menghimpun warga negara yang menetap dalam sana. Nantinya, mereka akan terfasilitasi untuk dapat nonton langsung ke venue.

“Kita berkoordinasi dengan simpul2 org indo yg ada di Jepang melalui kedutaan Indonesia di Jepang. Kita berusahan tetap terfasilitasi demi atlet kita dapat suport yg maksimal, ”