KONI Papua Genjot Pembangunan Sarana Latihan PON 2020

JAYAPURA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Barat bakal terus menggenjot pemenuhan tumpuan dan prasarana latihan olahragawan dari 26 cabang gerak yang disiapkan untuk Minggu Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Terlebih gelaran PON sendiri sudah berada pada depan mata.

Ketua Bidang Sarana & Prasarana KONI Papua Barat, Andrew Valentino Tirony pada Manokwari, Rabu, mengatakan bahwa realisasi sarana dan infrastruktur latihan atlet di daerah tersebut telah mencapai 80 persen pada triwulan baru 2021.

“Sejak awal Januari lalu pemenuhan sarana dan prasarana latihan atlet sudah mencapai 80 persen ataupun untuk sekitar 20 bagian olahraga, ” kata tempat.

PON XX Papua 2021

Buat enam cabang olahraga yang lain, kata dia, pengadaan tumpuan latihan akan terealisasi sesudah hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Pembatasan akses transportasi yang berlaku selama 6 – 17 Mei menjadi kendala pengadaan tumpuan latihan enam cabang gerak tersisa.

Andrew Valentino Tirony menambahkan pemenuhan sarana dan prasarana pelajaran ini disesuaikan dengan keinginan masing-masing cabang olahraga, & spesifikasi sarana itu disesuaikan pula dengan standar dengan akan digunakan dalam perhelatan PON XX.

Baca Juga: KONI Pusat Jamin Kesenangan Akomodasi Kontingen PON Papua

“Tentu dari latihan maksimal dengan medium lengkap sesuai standar, hendak menjadi modal dalam pokok masing-masing cabang olahraga untuk mematangkan atletnya sebelum berlaga” katanya menambahkan.

Sarana dan prasarana yang sudah siap, lanjut dia langsung didistribusikan ke sentral latihan atau training center (TC) masing-masing cabang olahraga.

Adapun 26 cabang olahraga yang siap diberangkatkan ke PON Papua adalah bulu tangkis, catur, dayung, judo, karate, menggampar bola, softball, tenis lapangan, tinju, selam, pencak, sepatu roda, kempo, mengarahkan, biliar, muathay, bola voli indoor putra-putri, voli ramal, layar dan terjun pengayom.

(mrh)