Marquez Absen, Puig Ogah Nilai Prestasi Honda di MotoGP 2020

AALST – Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, menolak menyerahkan komentar terkait performa timnya pada MotoGP 2020. Menurutnya, ia tak bisa memberi penilaian karena pembalap andalannya yakni Marc Marquez absen selama hampir satu musim penuh.

Praktis, Marquez tunggal hanya menjalani satu balapan di dalam musim ini di Sirkuit Jerez, Spanyol yang merupakan MotoGP Spanyol 2020. Akan tetapi, pada balapan itu pun, Marquez gagal mengakhiri balapan setelah mengalami kecelakaan gawat.

Marc Marquez

Akibat kecelakaan itu pula, Marquez akhirnya harus absen hingga akhir MotoGP 2020. Bahkan pada depan bulan ini, Marquez harus melakukan operasi yang ketiga kalinya sesudah proses pemulihannya berjalan lambat.

Akhirnya, Honda pun hanya bisa mengandalkan pembalapnya yakni Alex Marquez. Tentu itu bukan situasi ideal, mengingat Alex sendiri berstatus sebagai rookies serta masih mengalami banyak hal buat beradaptasi dengan RC213V.

Baca juga Salahkan Dokter soal Cedera Marquez, Puig Disindir Bos Ducati

Sementara itu, sebagai pengganti Marquez, Honda kemudian menunjuk Stefan Bradl yang selama itu bekerja sebagai test rider. Bradl pun melakoni 12 seri balapan, tetapi hasilnya tidak terlalu memuaskan.

Alhasil, pada simpulan musim, Honda gagal mempertahankan kejayaannya seperti di MotoGP 2019. Dalam klasemen konstruktor, Honda harus tenang menempati urutan kelima di kolong Ducati, Yamaha, Suzuki, dan KTM.